Coffe morning di pimpin oleh Bupati dan di dampingi Wabup serta Sekda membahas ketenagakerjaan

SANGATTA – Bupati Kutai Timur, Ismunandar meminta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kutim segera berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan di Kutim. Agar menyerap tenaga kerja lokal, terutama di sekitar daerah operasi mereka. Hal ini diungkapkan pada kegiatan coffee morning bersama Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kutim, Senin (30/7/2018).

Jika perusahaan tidak menyerap tenaga kerja lokal, maka angka pengangguran akan mengalami peningkatan.

“Saya ingin ada peraturan akan tetapi tidak melanggar peraturan di atasnya, bahwa ada persentasi berapa kuota tenaga kerja lokal Kutai Timur, Kalimantan Timur dan luar daerah. Karena banyak yang akan berinvestasi di Kutai Timur. Saya ingin jangan sampai penduduk kita (Kutai Timur) hanya sebagai penonton,” kata Ismunandar.

Jika tenaga kerja lokal dianggap kurang pengalaman dan ilmu, kata Ismunandar, sebaiknya diadakan pembekalan atau pelatihan.

“Saya lihat ada salah satu perusahaan di Kutai Timur yang perekrutan tenaga kerjanya dilakukan di luar Kutai Timur, seperti Surabaya dan Malang. Jika ini dilakukan untuk merekrut tenaga ahli, saya terima. Namun jika perekrutan ini untuk tenaga kasar atau buruh sebaiknya tidak usah berinvestasi di Kutai Timur,” tegas Ismunandar.(*)

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!