Syukuri Hasil Panen, Warga Dayak Kenyah Gelar Pesta Budaya

IMG 20180624 WA0019
Tarian pasca panen
 Warga dayak kenyah pesta budaya pasca panen raya

SANGATTA – Suku Dayak memiliki cara sendiri dalam mensyukuri hasil panen padi yang mereka tanam. Salah satunya Suku Dayak Kenyah yang bermukim di Kampung Rindang Benua, Desa Sangatta Selatan. Mereka menggelar Pesta Budaya Suku Dayak Kenyah yang menampilkan sedikitnya tujuh tari-tarian khas yang melibatkan hampir semua warga, baik remaja, anak-anak maupun warga dewasa, Sabtu (23/6/2018).

Tarian yang ditampilkan adalah, tarian penyambutan untuk menyambut kedatangan Bupati Kutim, Ir H Ismunandar MT dan istri Encek UR Firgasih yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kutim, tarian Ainan Leto, Tebengang Madang, Ajay dewasa, tarian Anyam Tali, Udoq Aban serta tarian Ajay anak laki dan perempuan yang juga diikuti Bupati Ismunandar dan para pejabat Pemkab Kutim lainnya yang hadir.

Momen pesta panen, juga dirangkaikan dengan pendirian tiang ulin pembangunan lamin adat Dusun Rindang Benua. Bersama-sama warga, Bupati Ismunandar dan Bunda Firga ikut menarik tali yang mengikat ujung tiang agar berdiri kokoh di tempatnya.

Hadirnya Lamin Adat, akan melengkapi fasilitas wisata di Dusun Rindang Benua yang tak hanya memiliki kegiatan rutin pesta budaya panen padi, tapi juga memiliki kawasan wisata air terjun Jantur. “Dengan fasilitas yang ada, dusun Rindang Benua, bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Kutai Timur. Kalau sudah masyarakat mendukung, pemerintah mendukung, kita juga minta stakeholder yang ada ikut mendukung,” ujar Bupati Ismunandar.(*)

Pos terkait