PLTMH Tepian Terap Terangi 200 Keluarga, Kasmidi Targetkan 2020 Seluruh Desa Teraliri Listrik

PLTMH Tepian Terap Terangi 200 Rumah Tinjauan Kasmidi Rumah Karya Bersama

SANGATTA – Satu lagi listrik komunal dikembangkan di wilayah Kabupaten Kutai Timur. Tepatnya di desa Tepian Terap,Kecamatan Sangkulirang.

 

Namun berbeda dengan listrik komunal sebelumnya yang mengandalkan tenaga surya, di desa Tepian Terap ,listrik komunal mengandalkan tenaga air dengan Pembangkil Listrik Tenaga Mikro Hidro.

Bupati Ismunandar didampingi Wabup Kasmidi Bulang meninjau PLTMH di Desa Tepian Terap Kecamatan Sangkulirang.

Dalam perjalanan kembali dari Kabupaten Berau menuju Sangatta, Bupati Ismunandar dan Wabup Kasmidi Bulang beserta rombongan menyempatkan diri mampir ke Desa Tepian Terap untuk melihat langsung operasional PLTMH berkapasitas 54 KW yang bisa dinikmati 200 keluarga di desa tersebut.

 

PLTMH memanfaatkan derasnya aliran air sungai Tepian Terap untuk menjadi sumber listrik masyarakat. Saat ini, PLTMH Tepian Terap memiliki kapasitas listrik 54 KW untuk menerangi 200 keluarga selama 24 jam,” kata Kades Feliks Tintamanis.

 

Dengan begitu, lanjut Feliks, Desa Tepian Terap tak lagi bergantung pada genset yang memakan biaya operasional cukup tinggi.

 

Pengelolaannya juga sama seperti berlangganan PLN, dengan sistem iuran yang ditentukan melalui jumlah pemakaian listrik dalam satu bulan.

 

 

 

Pos terkait